(Review) Capture the Fairy Diva



[ Ulasan ini adalah salah satu hadiah untuk pemenang tantangan menulis fanfiksi yang saya adakan tiap dua minggu sekali, dengan tema “Fotografi.” ]

“Capture the Fairy Diva”

Fanart untuk pemenangnya. Credits : CLKana@DeviantArt



Sebuah fanfiksi Naruto yang ditulis oleh Rakai Asaju dengan nama pena Kaii Anbu

Fanfiksi dapat di baca di sini

Selamat membaca, dan jika berkenan kamu juga boleh meninggalkan review :)

Fanfiksi yang mengangkat sisi gelap dari sebuah realita kehidupan? Banyak. Namun bagaimana mengelolanya untuk menjadi fanfiksi yang menarik hati pembaca dari awal hingga akhir adalah sebuah tantangan tersendiri. Dan Rakai Asaju dalam ‘Capture the Fairy Diva’ berhasil melakukannya.

Dibuka dengan adegan yang menarik, yaitu saat Sasuke memfoto seorang PSK bernama Kurenai. Untuk membuat fotonya terasa lebih menjiwai, Sasuke mulai menanyakan beberapa hal umum yang akhirnya membuka tabir masa lalu PSK tersebut. Berhasil mendapatkan foto yang ia inginkan untuk lomba fotografi, Sasuke pun memutuskan untuk juga memfoto wanita malam yang lebih glamor, yaitu stripper yang dijuluki Fairy Diva.

Nilai plus dari fanfiksi ini adalah, saya tidak mengalami masalah untuk bisa mendapatkan ‘feel’-nya, walau deskripsinya tidak panjang dan didominasi percakapan. Saya suka bagaimana sisi gelap kehidupan diangkat ke dalam fanfiksi ini dan bagaimana penulis menggambarkan rasa depresi Kurenai. Dari awal hingga akhir fanfiksi ini terus memikat saya, membuat saya penasaran kemana fanfiksi ini akan membawa saya. Dan endingnya cukup bagus, tidak mudah ditebak tapi juga tidak begitu menggantung.

Selain dari beberapa salah ketik yang masih dapat ditoleransi dan penempatan huruf kapital yang saya rasa masih kurang tepat, secara keseluruhan fanfiksi ini bagus. Ada beberapa bagian yang bisa kak Rakai eksplor lebih dalam lagi, tapi fanfiksi ini sudah bagus adanya. Saya harap ke depannya Rakai Asaju dapat menulis cerita dengan kualitas yang konsisten atau bahkan lebih baik lagi.

Pesan buat kak Rakai : Saya sedikit berharap agar Itachi di bahas lebih banyak :3 Mungkin kakak bisa membuat sekuel tentang bagaimana posisinya sebagai kakak yang harus menanggung marga Uchiha. Pasti bagus. Banget.

Anyway, jika ada yang ragu dengan penilaian saya dan berkata bahwa saya menyukai fanfiksi ini murni hanya karena selera, saya rasa kamu tidak sepenuhnya benar. Saya memang menyukai cerita yang membahas sisi lain dari kehidupan yang sering dicap buruk, seperti prostitusi. Namun saya tidak suka lime. Dan saya tidak begitu suka dengan cerita yang didominasi percakapan, karena saya sangat suka deskripsi ala Tere Liye atau Ilana Tan. Dan tantangan ini juga dinilai oleh dua juri lain, yang tidak mengenal satupun pesertanya, jadi saya rasa saya cukup adil dalam penilaian :)

Hayo, sebagai author fanfiction.net, jangan ragu untuk mengikuti tantangan menulis ini. Anggap saja sebagai latihan menulis, untuk bersenang-senang sekaligus satu langkah lebih dekat untuk menjadi seorang ‘expert’. Selamat menulis ;)


So what are you waiting for? ;)

2 komentar:

  1. Wah.. saya suka design ilustrasi di tiap tulisanmu tapi di artikel ini aku ga suka bercerita :D

    BalasHapus
  2. @alfan : makasih, gak suka bercerita? maksudnya gak suka menulis? kenapa? menulis itu kan enak :3

    BalasHapus

Hello there my friends! Feel free to give your :
¤ Opinion
¤ Suggestion
¤ Critic
¤ Story link (so that we can give comment to each other stories!)
¤ Request (if you want me to write something, just ask!)
Remember, I’m also a struggling writer, so I’m perfectly imperfect. Your feedback are pleased =)