Tips Mendapat Ide dan Mood

Source
Ada yang bilang kalau kualitas akan mengikuti kuantitas. Artinya semakin kita rajin berlatih menulis, otomatis kualitas kita akan meningkat. Tapi tantangan nomor satu para penulis adalah: tidak ada ide dan mood. Kesal rasanya kalau akhirnya bisa punya waktu luang, malah tidak ada ide atau mood. Atau saat sibuk, ide dan mood mengalir lancar. Nah, sekarang saya mau memberi tips cara mendapat ide dan mood, yang semoga efektif untuk kamu :) Happy reading!
Cara Mengembalikan Mood

1. Melakukan hobi lain

Apa hobimu (selain menulis, tentunya)? Mendengar musik? Merusuh? Menabung? Dan aktivitas lain yang depannya me- dan masih halal? Lakukan saja! Melakukan hobimu sama dengan menekan tombol 'refresh' untuk otakmu, supaya kamu gak terlalu mumet. Otak yang mumet bikin hati sumpek, dan akhirnya malah tambah bad mood!

2. Olahraga

Olahraga bikin badan segar. Kalau badan segar hati siapa sih yang gak senang? Tidak perlu olahraga yang rempong/sampai ke gym segala. Cukup lakukan olahraga sederhana seperti bersepeda, jogging, berenang, lompat tali, main basket, dan sebagainya. Setelah keringatan, mandi, segar deh! Hati pun senang, siap untuk menulis sebuah cerita (karena bodi tambah ramping/dapat kecengan, wkwkwk)

3. Membuka kembali kenangan

Buka album fotomu! Di lemari, di hapemu, di facebook, apa saja yang isinya kenanganmu dengan teman/pacar/keluarga. Sadarilah bahwa kamu tidak sendirian. Sedikit banyak ini akan membantu mengembalikan mood; bahkan menambah ide! Sekali mendayung dua tiga pulau terlewati ;))

4. Say 'hi' to your old friends!

Teman SD sekarang, kabarnya gimana ya? Teman SMP aku nanti pilih SMA mana ya? Coba sapa mereka. Tanya kabarnya. Biasanya akan berlanjut ke curhat, berhahaha hihihi, bernostalgia yang bisa jadi mood-bustermu. Selain itu, bisa mempererat silahturahmi, lho!

5. Ingat kunci utama menulis : bersenang-senang!

Kalo hobimu adalah menulis, ingat, hobi itu kan proses belajar. Gak mungkin dalam sekejap mata kita langsung jadi hebat. Cobalah menulis dengan pikiran "Aku akan mengusahakan yang terbaik, baru nanti kuperbaiki sebisanya." Dengan begitu kamu bisa lebih enjoy dan ga stress saat menulis. Pembaca bisa lho, merasakan cerita yang ditulis dengan sepenuh hati sama yang enggak ;)

Cara Mencari Ide

1. Buka hatimu, buka pikiranmu; ide ada dimana-mana

Kadang hiruk pikuk dan kesibukan buat kita lupa dan gak peka. Kita gak peka sahabat kita butuh kita. Kita gak peka orang tua butuh respek kita. Kita gak peka ada orang yang kurang beruntung dari kita. Cobalah berhenti sebentar dan mengamati. Coba untuk berandai-andai, kalau Indonesia menjadi bangsa superhero, apa jadinya? Atau kamu amati orang yang berlalu lalang. Coba bayangkan karakter, latar belakang, dan kisah hidup mereka. Pasti asyik! Asal orangnya jangan sampe dipelototin ya, ga sopan :D

2. Rajin membaca

Membaca itu banyak manfaatnya, khususnya bagi penulis. Karena itu ada baiknya kamu sering menambah koleksi bacaanmu, agar referensimu banyak. Terkadang cerita orang lain bisa menginspirasimu, lho (bukan berarti plagiat). Saya pernah dapat ide cerita hanya karena membaca kata 'benang merah' di suatu cerita :)

3. Kolaborasi

Ajak temanmu yang bisa menulis untuk kolaborasi. Dia yang memikirkan idenya, kamu yang menulis. Nah, mungkin dari sini kamu bisa mengkhayal, bagaimana kalau endingnya tidak seperti ini? Bagaimana kalau orang ketiga tiba-tiba muncul, apa mereka akan tetap bahagia? Dan lahirlah cerita lain :D

4. Tetap Menulis

Lho, tapi  'kan gak ada ide? Memang. Tapi menulis 'kan gak sebatas nulis cerita aja, iya toh? Kamu bisa menulis puisi, naskah drama, diary, artikel, postingan blog dan sebagainya. Ini bisa jadi 'pancingan' untuk ide dan mood menulis :)

5. Tabung idemu!

Ini cara paling efektif, lho. Tiap kali ada satu adegan/pepatah/kalimat yang menurutmu bagus, langsung catat di memo, handphone, dan sebagainya. Dengan begitu saat kamu ada ide lain untuk digabungkan dengan ide kamu itu, atau ada mood untuk menulis, kamu ga perlu bingung lagi ;)

Tips Lain Yang Bisa Membantu Kamu Juga!

1. Ingat tujuanmu menulis

Apa tujuanmu menulis? Untuk memuaskan pembaca? Mengasah bakat? Mencari teman baru? Menuangkan imajinasi? Ingin menjadi penulis? Tanyakan pada dirimu. Lalu catat, tulis besar-besar dalam sebuah memo, dan bacalah setiap kali kamu ingin menyerah menulis.

2. Biasakan dirimu 

Jika kamu ingin menjadi penulis, well, biasakan dirimu. Latih dirimu untuk menulis minimal dua tiga baris kalimat perhari jika sedang tidak mood/sibuk. Mungkin hasilnya tidak semaksimal kalau kamu lagi mood/banyak waktu luang, tapi nanti bisa di-edit kembali. Jangan tunda pekerjaanmu, karena itu hanya membuatmu semakin malas dan karyamu terbengkalai.

3. Catat pepatah/tips dari penulis

Ahmad Fuadi, Sitta Karina, dan Clara Ng termasuk penulis yang sering membagi pepatah/ilmu tentang dunia kepenulisan. Atau kamu baca kisah inspiratif para penulis, seperti bagaimana J.K. Rowling dulunya miskin namun sekarang kekayaannya melebihi Ratu Inggris. Jika kamu bisa bahasa asing, kamu boleh cari pepatah dan ilmu menulis dari penulis di luar negeri. Bersyukurlah sekarang ada internet dan Google yang lebih memudahkan kerjamu :D

Jadi, jangan menyerah ya! Banyak penulis lain yang juga mengalami kesulitan yang sama. Writers' block itu musuh terbesar bagi penulis. Namun seiring waktu dan kerja keras, kelak kita akan tahu cara menghadapinya :) Nothing impossible for both you and me!

HAYO, TANTANG DIRIMU!

Mendekam saja di rumah ga akan bikin ide dan mood kita semakin berkembang, lho. Jadi, coba deh melakukan hal yang bener-bener baru. Misalnya kamu ga pernah keluar rumah, eh tiba-tiba kamu nyapa tetangga sebelah dan ajak ngobrol anaknya. Atau daripada bikin tugas di mall, mending bikin tugas di perpustakaan kota. Kamu biasanya ga doyan camping, tapi nerima-nerima aja pas temen ngajak. It might suprise you sometimes, but it's worth it.


Ada pendapat lain tentang cara mencari ide dan mood? Feel free to comment :) 



8 komentar:

  1. Hello~ Yuhuuu~ Lagi blogwalking dan tsah nyasar sampai kesini loh~ -_- Dan menemukan beberapa hal untuk me-refresh otak yang seling jenuh dengan keadaan nulis saat ini. Thanks buat sarannya ya Asha, panggil begitu gak apa kan? Kan sama-sama 15 taun~ *disemplak*

    Well, keep writing ^O^/

    BalasHapus
  2. iya gapapa, sure, thanks ya :D

    BalasHapus
  3. Halo, kak. Aku juga suka nulis, lho. Follow me and check my blog, ya(maaf g bisa ngetik tanda seru, keyboard angka satu lagi error). Disana, ada cerbung dan tips-ku, lho. Thank you
    :)

    BalasHapus
  4. @salsabila : okedeh ya thank you ;D

    BalasHapus
  5. @chamcham blogku : hehehe sama2 ;)

    BalasHapus
  6. ada,biasanya aku dapet ide dari lirik lagu atau MV :D
    status fb temen juga bisa jadi ff :D
    walaupun baru chap 1 sih itu pun ga selesai dan langsung WB haha :v

    BalasHapus
  7. Ini ngebantu bangett buat aku yg suka nulis yang terkesan abal-abal._.
    Terima kasih banyak buat Asha dan salah satu teman fb saya yg ngeshare blog ini (y)

    BalasHapus

Hello there my friends! Feel free to give your :
¤ Opinion
¤ Suggestion
¤ Critic
¤ Story link (so that we can give comment to each other stories!)
¤ Request (if you want me to write something, just ask!)
Remember, I’m also a struggling writer, so I’m perfectly imperfect. Your feedback are pleased =)